Informasi seputar dunia Otomotif Informasi seputar dunia Otomotif
Home » Tips » Tips Merawat Motor Yamaha Vixion

Tips Merawat Motor Yamaha Vixion

Friday, May 4th 2012. | Tips

Tips Merawat Yamaha Vixion Tips Merawat Motor Yamaha VixionYamaha Vixion adalah motor sport injeksi yang pertama dipasarkan di Indonesia. Motor ini membutuhkan Perawatan berkala dan petunjuk service Yamaha Vixion dapat kamu baca di Manual Service Vixion yang bisa kamu download disini: Manual Service Vixion .pdf. Jangan cuma di download aja ya, tp di baca siapa tahu dapat membantu jika sewaktu-waktu ada masalah dengan motor Vixion kesayangan anda.

Tips agar Yamaha Vixion kamu selalu prima:

1. Jangan biarkan tangki bahan bakar kosong.

Namanya juga motor berteknologi injeksi, berarti pompa bahan bakar menggunakan versi elektrik yang terbenam di dalam tangki bahan bakar. Dalam hal ini ada beberapa pantangan seperti jangan sekali-kali membiarkan tangki kosong sama sekali. Selalu pantau indikator bensin untuk refueling pada level seperempat tangki.
Kebiasaan mengisi pada kondisi tangki kosong akan membuat kerja pompa tidak stabil, ditambah kotoran seperti endapan halus di dasar tangki akan lebih mudah terhisap oleh pompa. Buntutnya jelas, pompa akan mampet karena saringan cepat kotor. Belum lagi kotoran akan terbawa hingga nozel injektor dan menyebabkan spraying (pengkabutan) menjadi tidak maksimal.

2. Gunakan bahan bakar berkualitas.

Fenomena bahan bakar berkadar sulfur tinggi yang menjadi “hantu” bagi mobil injeksi juga berlaku untuk Vixie. Gunakan selalu bahan bakar berkualitas baik dengan kadar RON diatas 88. Bukan apa-apa karena bahan bakar bersulfur tinggi kerap menyerang fuel pump injeksi ada di premium TT milik Pertamina. Lagi pula Vixie memang sudah seharusnya “diberi minum” bahan bakar yang kualitasnya diatas RON 88 karena rasio kompresinya diatas 9,5 : 1.
seandainya terpaksa mengisi bahan bakar dengan Premium TT karena berada di luar kota dimana jarang ditemui SPBU yg menjual Pertamax & Pertamax plus, selalu sedia additif bahan bakar yang bisa menetralisir kandungan merugikan seperti sulfur, air atau minyak tanah. Beberapa produk seperti Verylube Petrol Tank, MNS Bio Nano atau Octane 115 BIO ETHANOL bisa menjadi alternatif.

3. Perangkat Elektronik

Kelistrikan Vixie sangat rentan. Banyaknya pemakaian setrum untuk peranti injeksi elektronik diluar lampu-lampu dan pengapian bisa membuatnya “sensi”. Tak seperti motor biasa , Vixie kerap membutuhkan suplai listrik lebih banyak sehingga aki dan kabel tidak boleh terganggu atau abnormal.
Pemakaian perangkat elektronik tambahan bisa mengganggu kelistrikan Vixie, sebut saja seperti penggantian klakson berdaya besar , lampu H.I.D, atau pemasangan alarm. Kondisi aki yang harus selalu 100% fit bisa tercemar oleh penambahan pernik elektronik tadi.
Hindari pemakaian alat tambahan yang sifatnya hanya sekadar aksesori karena akan memperpendek umur aki dan berbuntut pada gangguan kinerja injeksi. Pengecekan aki secara berkala sangat dianjurkan meski aki masih tergolong baru .

4. Hindari Cuci Steam

Jika mencuci motor, usahakan jangan pakai steam alias air bertekanan tinggi karena akan berpengaruh ke injeksinya.

Semoga artikel tentang Tips Merawat Motor Yamaha Vixion dapata bermanfaat bagi anda.

Cat : Tips, tags: , ,

Comment For Tips Merawat Motor Yamaha Vixion

Latest