Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Thursday, May 24th 2012. | Tips
Cara Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Cara Merawat Knalpot Motor

Knalpot motor adalah salah satu komponen penting dari motor yang berfungsi sebagai penyalur gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada mesin. Selain itu knalpot juga dapat menunjang penampilan motor anda, tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli knalpot.

Knalpot memerlukan perawatan khusus karena mudah berkarat dan bocor yang dapat menghasilkan suara berisik atau keras. Karat pada knalpot terjadi karena perbedaan suhu antara di dalam dan di luar pipa knalpot. Jika di daerah pantai karena kandungan garam cukup tinggi di udara sekitar, maka kotoran yang menempel akan lumer dan mudah menimbulkan korosi.

Tips Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Berikut kami berikan Tips Merawat Knalpot Motor :

1. Bersihkan kerak knalpot.

Tips bersihkan kerak dan Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Bersihkan kerak sisa pembakaran pada pada leher knalpot, agar tidak mengganggu pelepasan gas buang. Kerak knalpot akan menumpuk jika tidak di bersihkan, apalagi pada motor 2 tak.

2. Periksa kebocoran dari paking knalpot.
Periksa dan ganti apabila paking knalpot rusak. Paking knalpot yang rusak akan mengakibatkan sebagian gas buang keluar lewat paking antara knalpot dan mesin. Sehingga tendangan balik yang dihasilkan knalpot tidak akan maksimal.

3. Periksa kekencangan baut pegangan knlpot.
Pemeriksaan kekencangan baut pegangan knalpot sangat di perlukan, karena apabila baut longgar dapat mengakibatkan patahnya knalpot karena getaran yang di hasilkan mesin.

4. Beri oli bekas secukupnya pada knalpot.

Tips Merawat Knalpot Motor dengan Oli Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Untuk menanggulangi karat yang biasanya menyerang knalpot 4 tak, para pemilik motor biasanya menuangkan sedikit oli ke dalam knalpot.

5. Periksa lubang pembuangan air pada knalpot.
Sambil memberi oli pada knalpot anda periksa juga lubang pembuangan air pada knalpot, jika tersumbat tusuk pakai lidi atau paku. Apabila lubang pembuangan air pada knalpot tersumbat dapat mengakibatkanterjadinya karat.

6. Olesi oli bekas pada leher knalpot yang berkarat.

Tips Merawat Knalpot Motor oles oli Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Biasanya pada leher knalpot motor underbone (bebek) di serang karat terlebih dahulu. Itu diakibatkan karena percikan air hujan dan kotoran dari roda depan langsung menuju leher knalpot. Untuk mengatasinya olesi oli bekas ke leher knalpot yang karatan dan panaskan mesin selama 15 menit atau lebih efektifnyaoleskan oli bekas pada saat anda meu berkendara. Biarkan apabila keluar asap putih dari oli yang kita oleskan tadi, lama kelamaan karat akan rontok sendiri. Ulangi setiap 3 hari sekali agar karat cepat rontok.

Semoga artikel mengenai Tips Merawat Knalpot Motor ini dapat berguna bagi para pembaca dan gak galau lagi melihat leher knalpotnya kuning. hehehehehe……

tags: