Tips Cara Cek Kerusakan CDI

Friday, November 30th 2012. | Tips
Tips Cara Cek Kerusakan CDI Tips Cara Cek Kerusakan CDI

Tips Cara Cek Kerusakan CDI

Pada jaman dulu pengapian sepeda motor menggunakan komponenen yang di sebut Platina. Seiring berkembangnya teknologi sekarang menggunakan CDI. CDI (CAPACITIVE DISCHARGE IGNITION) yaitu suatu komponen atau bagian pada sepeda motor yang berfungsi untuk pengapian. Tanpa CDI ini maka motor anda tidak akan bisa jalan kecuali jika didorong atau ditarik sendiri. Bayangkan jika CDI yang bisa diibaratkan sebagai jantungnya mesin motor kita rusak,  gawat deh karena yang orisinal harganya ratusan ribu rupiah, bahkan jutaan. Kalau pake yang imitasi susah langsamnya sama agak ribet ngatur setelannya, harus diakalin dulu. Jadi waspadai nih si CDI.Kerusakan pada CDI tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus diukur pake Avometer.

Tips Cara Cek Kerusakan CDI :

1. Setel avometer pada sinus 200 Volt.
2. Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil.
3. Kabel hitam avometer dihubungkan ke massa/bodi.
4. Nyalakan motor/starter motor dengan kick starter, lalu lihat di avometer apakah ada arus/setrum yang keluar atau tidak ?
5. Bila tidak ada maka CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelumnya cek dulu arus tersebut, caranya sama seperti di atas, hanya saja kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju CDI.
6. Kalau nggak ada avometer, coba aja kabel dari CDI yang menuju koil di sambungkan ke body besi motor, terus starter. Kalau ada percikan api berarti CDI masih bisa dipake, kalau nggak ada percikan api berarti CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI.

Semoga tips cara cek Kerusakan CDI motor diatas bermanfaat bagi anda.

 

 

tags: