Engine Control Unit (ECU) Mio J

Monday, March 5th 2012. | News

Mio J ECU Engine Control Unit (ECU) Mio J

Engine Control Unit (ECU) Mio J memiliki kapasitas penyimpan sebesar 2 Giga Byte. Komponen Chip yang tertanam pada ECU ini sangat Cerdas. Chip ini mampu menyimpan dan menginformasikan beberapa data yang berkaitan dengan motor. Engine Control Unit (ECU) dibanrol dengan harga Rp 525.000. ECU sendiri memiliki 5 Fungsi yaitu :

ECU Yamaha MIO J 555x402 Engine Control Unit (ECU) Mio J

1. mendeteksi kerusakan.

Komponen ini untuk mendeteksi kerusakan seperti yang dipakai Yamaha V-Ixion kode kedipan. ECU yang digunakan pada Yamaha MIO J lebih pintar dibanding yang di pakai Vixion, karena datanya bukan lagi data yang musti di De-Code, tetapi data setengah jadi yang bisa langsung terbaca di Komputer setelah Chip ECU Tersebut dihubungkan Ke Laptop (plus Software) dengan interface dan program konversi khusus yang ada di Aplikasi software tersebut.
ECU Mio J Engine Control Unit (ECU) Mio J

2. Sebagai osiloskop.

Data akan terbaca  dilayar Komputer/laptop, data grafik Osilasi dari Sinyal kelistrikan sistem Injeksi Yamaha Mio J ketika chip ECU di hubungkan ke Laptop. Grafik ini dapat mendiagnosa keadaan sang Mio J. Data Grafik bisa disimpan dan Di Print.
ecu osiloskop Mio J 555x182 Engine Control Unit (ECU) Mio J

3. Sebagai data Logger

Data Logger adalah suatu alat untuk penyimpan data secara terus menerus terhadap suatu komponen/sensor. ECU berfungsi sebagai Data Logger yang dapat menyimpan data tentang behaviourpengendara dan segala data data sistem Injeksi motor selama maksimal 16 hari dengan cara dihubungkan dengan Interface Konverternya dan ditaroh di motor.

4. Pendeteksi identias motor

Pihak Yamaha Indonesia akan mencanangkan suatu sistem Costumer retention Management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan yang diberi nama DPACK-R. Dan Chip Ini bisa menyimpan segala indentitas dari motor misalnya saja Motor A dengan Nomor rangka dan Nomor Mesin sekian adalah milik Tuan B dan nomor seriel Chipnya adalah X dengan menyamakannya dengan DataBase Online CRM. Sehingga, bila motor tersebut diutak atik misalnya saja, ECU nya dituker tuker atau sampai motor dicolong maka akan dapat diketahui dengan Mudah.

5. Remaping

Funfsi terakhir dari  Chip ECU Mio Jadalah remaping. Menurut Yamaha Fungsi terkahir ini memiliki potensi dibuka untuk kepentingan kompetisi. Karena remaping ini bisa mengubah banyak hal dari Komputer seperti salah satunya derajat pengapian.

tags: , ,