Informasi seputar dunia Otomotif Informasi seputar dunia Otomotif
Home » Tips » Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman

Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman

Wednesday, May 30th 2012. | Tips

 

Cara Merawat Rantai Motor Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman

Cara Merawat Rantai Motor

Merawat Rantai Motor – Rantai sepeda motor adalah salah satu komponen penting dari sepeda motor, Karena rantai motor adalah alat penghubung antara mesin dan ban motor yang berfungsi sebagai penggerak roda agar motor bisa berjalan. Mengingat begitu pentingnya rantai motor maka sebaiknya kita harus memberikan perhatian pada komponen yang satu ini agar kita nyaman ketika berkendara. Jika tidak dirawat dengan benar, sangat membahayakan karena rawan terhadap kecelakaan.

Berikut Cara Merawat Rantai Motor :

1. Setel rantai secara teratur
Periksalah bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu diperiksa adalah pin dan sambungan. Apakah pemasangan sudah benar? Lihat, apakah ada perubahan pada posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip atau penguncinya berubah, dapat menyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor dengan beban berat.
Arah Rantai Motor Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman

2. Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai.
Jarak sambungan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang ataupun kendurnya rantai. Oleh sebab itu, simpangan atau jarak kekencangan rantai harus pula diperhatikan. Informasi tetang hal tersebut dapat Anda lihat pada stiker yang ada di bagian tutup rantai roda.
Ukur Kekencangan Rantai Motor Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman 3. Periksalah posisi antara rantai dengan penutupnya.
Aturlah posisi rantai dengan menghidari terjadinya gesekan antara rantai penutup, sehingga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising. Karene jika terjadi gesekan baik rantai maupun penutupnya akan cepat rusak. Bahkan dalam kasus tertentu rantai bisa putus.

4. Beri Pelumas pada Rantai
Pilihlah pelumas yang tepat sehingga membantu mengurangi keausan rantai. Faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak. Oleh karena itu, rantai perlu pelumasan khususnya bagi sepeda motor yang tidak menggunakan penutup rantai,selama ini masih banyak yang kurang paham mengenai cara memberi pelumas pada rantai yang baik. Kebanyakan orang masih melumasinya dengan menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. itu slah bsar di sebabkan oli bekas pada m0tor mengandung gram/serbuk besi dari dalam mesin. Penggunaan pelumas rantai yang paling baik adalah seminggu sekali dalam keadaan cuaca normal, kecuali kalau kondisi jalan yang becek atau sering terkena hujan, alangkah baiknya menggunakan pelumas setiap kali rantai terkena kendala tersebut.

5. Segeralah periksa jika terdengar bunyi-bunyi aneh yang keluar dari rantai.
Biasanya, salah satu penyebabnya adalah karena longgarnya rantai sepeda motor.

6. Periksalah kebersihan rantai sepeda motor.
Perawatan rantai perlu dilakukan secara berkala dan hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor.

Semoga artikel mengenai cara merawat rantai motor diatas dapat berguna bagi anda dan motor anda selalu nyaman ketika dikendarai.

Cat : Tips, tags:

Comment For Cara Merawat Rantai Motor dengan Mudah, Murah dan Aman

Latest